Tips Diet Sehat

4 Cara Diet Untuk Penderita Darah Tinggi/ Diet Antihipertensi

Cara diet untuk penderita darah tinggi memang bermacam-macam. Dengan mudah kita bisa mencari berbagai macam tips di internet. Namun yang perlu diingat, pemilihan diet yang tepat adalah diet yang sehat tanpa menggunakan obat. Diet yang sehat untuk penderita hipertensi atau darah tinggi lebih menggunakan kombinasi sayuran dan buah. Berikut informasinya.

Cara Diet Untuk Penderita Darah Tinggi yang Sehat

Bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi memang harus melaksanakan diet. Diet ini diperlukan untuk memilih makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Memilih makanan pokok termasuk sayur dan buah penurun darah tinggi juga masuk dalam daftar wajib kombinasi makanan yang sehat bagi penderita hipertensi. Jika masih bingung, maka berikut cara diet paling sehat yang bisa dicoba:

  1. Memilih Makanan Pokok yang Tepat
    Memilih makanan yang tepat bagi penderita darah tinggi sangat penting. Penderita harus paham mana saja makanan yang boleh dan tidak boleh untuk dikonsumsi terlalu banyak. Seperti misal pada pemilihan makanan pokok. Roti, sereal kering, nasi atau pasta sangat disarankan sebagai makanan pokok. Namun, ada batasan takarannya dan sangat disarankan untuk menyajikan sebanyak 7 hingga 8 porsi sehari. Akan lebih baik, apabila makanan pokok tersebut terbuat dari gandum utuh karena mengandung serat dan nutrisi.
  2. Mengonsumsi Buah-Buahan
    Porsi buah dalam diet untuk penderita darah tinggi ternyata sangat penting. Buah yang mengandung cukup vitamin dapat memberikan nutrisi pada tubuh. Untuk hal ini, sangat dianjurkan untuk kita menggunakan buah segar atau buah beku yang berukuran sedang. Tidak besar dan tidak terlalu kecil.
    Untuk porsi penyajiannya, lebih baik menggunakan seperempat cangkir buah kering atau bisa menggunakan 170 gram jus buah dalam satu sajian. Untuk buah ini bisa dikonsumsi sebanyak 4 hingga 5 porsi dalam sehari. Hampir seluruh buah rendah lemak adalah buah penurun tekanan darah tinggi yang baik.
  3. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian
    Jika anda salah satu penyuka dan penikmat kacang-kacangan, anda tidak perlu bingung dan bersusah hati. Sebab, anda masih bisa mengonsumsi kacang-kacangan ini. Pilihlah jenis kacang-kacangan yang disukai namun tetap dalam jumlah porsi yang dibatasi. Untuk jenis kacang-kacangan, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari karena bukan termasuk makanan pokok.
    Konsumsi kacang-kacangan cukup 4 hingga 5 porsi dalam seminggu. Dalam setiap porsinya, lebih baik menggunakan ukuran sepertiga cangkir kacang, 2 sendok makan jenis biji-bijian atau bisa memilih separuh cangkir kacang polong. Akan lebih baik bila kacang polong dalam kondisi sudah dimasak.
  4. Susu dan Olahan Susu Rendah Lemak
    Selain makanan tersebut diatas yang sudah disebutkan, kabar baiknya, susu dan olahan susu rendah lemak masih bisa digunakan. Olahan susu seperti yoghurt dan keju ternyata masih masuk dalam makanan yang bagus untuk darah tinggi. Tapi selalu ingat untuk memberikan batasan pada diri anda dalam mengkonsumsinya. Dianjurkan untuk menggunakan porsi sekitar 200 ml susu, satu cangkir yoghurt, dan 40 gram keju bisa dijadikan pilihan yang bagus. Untuk makanan ini bisa dikonsumsi 2 atau 3 kali sehari.

Selain melaksanakan diet seimbang dengan gandum utuh, sayuran dan buah-buahan, pola hidup yang sehat juga sangat bagus. Pola hidup sehat dapat diperoleh dengan cara rajin berolahraga, berhenti atau menghindari rokok, kemudian batasi konsumsi natrium dan garam. Itulah cara diet untuk penderita darah tinggi yang aman dan sehat untuk diterapkan.