Tips Olahraga

Tips Olahraga Bagi Karyawan yang Sibuk dan Tidak Punya Waktu

Tips olahraga bagi karyawan yang sibuk membantu mereka yang tidak punya banyak waktu untuk melakukan kegiatan ini. Pekerjaan yang menumpuk membuat kita tidak bisa meluangkan waktu untuk berolahraga. Namun hal ini bukanlah alasan untuk kita meninggalkan olahraga karena terdapat tips yang bisa kita lakukan.

Tips Olahraga Bagi Karyawan yang Sibuk Kerja

Perkembangan zaman membuat para karyawan semakin disibukkan dengan berbagai pekerjaan. Banyak waktu mereka habis untuk menyelesaikan pekerjaannya. Hal ini membuat mereka kekurangan waktu untuk beristirahat, terlebih untuk olahraga.

Padahal olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Kita harus bisa menyusun strategi agar tetap bisa berolahraga tanpa harus meninggalkan kantor. Dengan begitu, kita bisa menyelesaikan tanggung jawab tapi juga bisa menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah olahraga bagi pekerja kantoran yang bisa dilakukan para karyawan sibuk:

  1. Gunakan Pedometer
    Pedometer adalah alat yang berguna untuk menghitung jumlah langkah kaki. Alat ini membantu kita untuk mengawali kebiasaan baik dalam menambah langkah kaki setiap hari. Kita bisa tahu berapa jumlah langkah kaki yang dilakukan sehingga kita akan termotivasi untuk menambahnya. Alat ini akan membantu Anda dalam pencatatan jumlah langkah kaki.
  2. Parkirkan Kendaraan Lebih Jauh
    Sebagian besar orang akan memilih tempat parkir yang dekat dengan posisi keluar masuk kantor. Hal ini membuat kita hanya berjalan dalam jarak dekat. Jika Anda ingin berolahraga ketika berkantor, maka parkirkan kendaraan Anda sedikit lebih jauh dari tujuan sehingga Anda akan terpaksa berjalan menghampiri kendaraan.
  3. Tempelkan Stiker Pengingat di Depan Lift
    Keadaan fisik yang lelah, panas dan lapar membuat kita hilang akal dan memilih untuk menggunakan lift, meskipun kita memiliki tekat untuk menggunakan tangga. Untuk itu, diperlukan stiker yang mengingatkan kita agar lebih baik menggunakan tangga demi kesehatan kita sebagai olahraga untuk orang kantoran.
  4. Jangan Kirim Email Tapi Datangi Orangnya
    Pada akhir diskusi, biasanya akan dikirimkan email mengenai notulensi hasil rapat tersebut. Hal ini mungkin akan memudahkan pekerjaan kita, tapi akankah lebih baik jika kita memberikan berkas tersebut ke meja masing-masing orang. Selain berguna untuk meningkatkan hubungan dengan staff lain, kita juga memiliki kesempatan untuk merenggangkan otot dan berolaharga.
  5. Mobile Meeting
    Mobile meeting memungkinkan Anda untuk melakukan hal lain, dengan catatan tidak mengganggu konsentrasi Anda mengenai apa yang dibicarakan. Anda bisa menerima telepon atau melakukan chatting secara online dengan berdiri, mondar-mandir atau berjalan ke suatu tempat.
  6. Tas Adalah Alat Beban
    Jika Anda terbiasa menggunakan tas selempang atau tas ransel maka saat ini gantilah kebiasaan Anda dengan menggunakan tas jinjing. Selain untuk mengurangi rasa nyeri pada punggung dan bahu, cara ini dapat Anda gunakan sebagai latihan otot lengan. Jadi Anda tidak perlu pergi ke Pusat Kebugaran karena Anda bisa menggunakan tas jinjing sebagai alat peraganya.
  7. Berjalan Ke Kantin Saat Makan Siang
    Beberapa pegawai kantor mungkin akan meminta bantuan OB untuk disediakan makan siang. Tinggalkan kebiasaan ini dan mulailah untuk pergi sendiri ke kantin. Berjalanlah sendiri ke kantin ketika ingin makan siang. Selain menyehatkan karena berjalan kaki, hal ini juga menghemat ongkos tip.
  8. Gunakan Toilet Di Lantai Lain
    Setiap lantai dalam kantor pasti memiliki toilet untuk memudahkan para pegawainya. Namun, Anda bisa menggunakan toilet di lantai yang berbeda untuk mendapatkan jarak yang semakin jauh sehingga Anda harus berjalan dengan langkah yang semakin banyak. Gunakan olahraga untuk karyawan sibuk ini untuk meregangkan otot-otot Anda agar tidak kaku karena digunakan bekerja seharian.
  9. Gunakan Jurnal 90 Hari Melangsing
    Jangan biarkan jumlah langkah kaki Anda berlalu begitu saja. Anda bisa melakukan pencatatan pada jumlah langkah kaki setiap harinya. Hitunglah berapa langkah kaki yang Anda lakukan di kantor ketika bekerja. Catatlah pada jurnal khusus selama 90 hari. Lihatlah perubahan langkah kaki yang Anda lakukan dan rasakan bagaimana perubahan energi dan tingkat stres yang menurun.

Demikian tips olahraga bagi karyawan yang sibuk bekerja dan tidak punya banyak waktu, dapat dicoba mulai sekarang!

Share this post!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *