Inilah yang Terjadi Pada Proses Pencernaan Tubuh

Semua makanan yang masuk ke dalam tubuh kita telah melalui proses pencernaan dengan sempurna. Tuhan menciptakan organ manusia berfungsi semaksimal mungkin untuk menghaluskan makanan hingga menyerap nutrisi yang terkandung di dalam makanan.

Proses pencernaan inilah semua nutrisi akan diserap oleh tubuh dan tubuh akan memiliki energy yang baik. Oleh sebab itu, tubuh kita harus dijaga agar sistem pencernaan bisa berfungsi dengan semestinya.

Harga toilet portable Biorich merupakan pilihan toilet terbaik untuk melancarkan sistem pencernaan. Jaga pola hidup sehat agar sistem pencernaan di dalam tubuh kita tetap berfungsi dengan optimal.

Sistem Pencernaan dan Penyerapan Nutrisi dalam Tubuh Manusia

Makanan yang masuk lewat mulut akan diolah dengan organ pencernaan. Mulai dari lambung, usus halus, usus besar dan berujung pada rectum.

Setelah dikunyah, makanan akan dicerna oleh sistem pencernaan dan nutrisinya akan diserap. Sisa-sisa penyerapan makanan tersebut akan berkumpul menjadi feses. Umumnya sistem pencernaan manusia memakan waktu 24 hingga 72 jam lamanya.

Lalu apa saja proses pencernaan dan penyerapan nutrisi pada sistem pencernaan? Berikut ini adalah tahapannya:

  1. Penghalusan Makanan Lewat Mulut

Mulut merupakan awal dari saluran pencernaan. Mulut berfungsi untuk mengunyah apapun yang kita makan. Kelenjar liur di produksi dengan alami dan menghasilkan air liur yang mempermudah proses penghancuran makanan.

Air liur sendiri memiliki enzim amilase yang berfungsi dalam mengolah karbohidrat menjadi glukosa dan dikeluarkan menjadi energy.

Setelah selesai dikunyah, makanan akan masuk lewat kerongkongan dan menuju lambung.

  1. Fungsi Lambung

Lambung merupakan tempat dimana makanan dan minuman akan bercampur bersama enzim pencernaan. Selain itu produksi asam lambung akan meningkat dan dihaluskan kembali hingga asam lambung berbentuk cair.

Asam lambung berfungsi dalam membasmi virus dan kuman yang ada di makanan yang kita konsumsi. Jika kita mengalami gangguan pencernaan, maka asam lambung tidak bisa berfungsi dengan semestinya.

  1. Penyerapan Nutrisi Pada Usus Halus

Setelah makanan hancur dan dilebur dengan asam lambung, selanjutnya masuk ke dalam usus halus. Disinilah fungsi usus halus akan menggunakan enzim yang dikeluarkan pancreas dan empedu.

Enzim ini tujuannya untuk memecah nutrisi, protein, lemak dan karbohidrat dari makanan yang kita konsumsi. Bakteri dalam usus kecil juga akan membantu proses pencernaan karbohidrat.

  1. Usus Kecil

Setelah melalui proses hingga usus halus, makanan yang dipecah akan masuk ke dalam usus kecil. Dinding pada usus kecil akan menyerap air dan nutrisi.

Penyerapan inilah yang akan masuk ke dalam aliran darah. Dan sisa-sisa pencernaan makanan yang tidak bisa dicerna akan masuk ke dalam usus besar dan menjadi feses.

Harga toilet portable Biorich bisa menjadi pilihan toilet berkualitas untuk BAB agar tubuh Anda menjadi lebih sehat.

  1. Usus Besar

Disinilah tempat dimana feses berkumpul. Tugas utama usus besar yaitu menyerap air dan nutrisi sisa dari pencernaan makanan.

Hal ini yang akan membentuk feses menjadi padat. Untuk melancarkan kerja usus besar, Anda perlu mengonsumsi banyak air putih dan serat. Tujuannya agar feses bisa dengan mudah dikeluarkan.

Jika feses tidak segera dikeluarkan, maka Anda akan merasakan gangguan pencernaan yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika feses menumpuk berhari-hari maka Anda akan merasakan perut begah dan mual.

Oleh sebab itu Harga toilet portable Biorich bisa menjadi pilihan untuk Anda mencari toilet berkualitas terbaik agar BAB menjadi lancar.